Kamis, 22 Januari 2009

RRP:Struktur Atom dengan Diskusi Bola Pantai

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-1)

Nama Sekolah : SMAN 1 Kebomas Gresik
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Smt. : X.4 / 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit


I. Standar Kompetensi
1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia

II. Kompetensi Dasar
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron.

III. Indikator
Ø Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
Ø Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
Ø Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik.
Ø Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton.

IV. Tujuan Pembelajaran
Ø Melalui diskusi bola pantai, siswa dapat menyebutkan partikel dasar suatu atom.
Ø Melalui diskusi bola pantai, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri partikel dasar (proton, elektron, dan netron).
Ø Melalui diskusi bola pantai, siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron suatu unsur dalam bentuk atom atau ion.
Ø Melalui konfigurasi elektron, siswa dapat menentukan besarnya elektron valensi.
Ø Dengan menggunakan tabel periodik unsur, siswa dapat menentukan massa atom relatif suatu unsur.
Ø Melalui diskusi bola pantai, siswa dapat mendefinisikan isotop, isobar, dan isoton.
Ø Melalui diskusi bola pantai, siswa dapat mengklasifikasi unsur-unsur ke dalam isotop, isobar, dan isoton

V. Materi Pembelajaran
Ø Struktur Atom

VI. Metode Pembelajaran
Ø Strategi Diskusi bola pantai
Ø Tanya jawab.





VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (90 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Guru membuka pelajaran
Ø Menginformasikan materi yang akan dibahas hari ini
Ø Menuliskan pokok materi di papan tulis
Ø Tanya jawab tentang perkembangan tabel periodik unsur.
Ø Mengingatkan kembali kepada siswa tentang struktur atom yang akan dibahas ada kemiripan dengan struktur tata surya kita yang sudah dikenal siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Tanya jawab tentang manfaat mempelajari struktur atom dan pentingnya belajar struktur atom.
Ø Secara demokratis menawarkan kepada siswa, “anak-anak sekarang kita belajar di kelas ataukah di pantai sana” secara spontan dapat dipastikan siswa menjawab dengan kompak “di Pantai”.
Ø Setelah sepakat, guru mengajak siswa ke bawah pohon yang rindang dan sudah tersedia kursi plastik dan papan plano.
Ø Anak-anak kita sekarang sudah di pantai, mari kita pejamkan mata kita, kita bayangkan sekarang kita berada di atas air, kaki telah diterjang gelombang, mari kita berteriak sekeras-kerasnya, ”haiiii, heee, auowwww, tolong”, mari kita keluarkan apa yang membuat dada kita sesak, kita lupakan hutang-hutang kita, kita lupakan SPP kita, okey mari kita berteriak sekali lagi yang lebih keras!.
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
Ø Guru meminta siswa secara urut berhitung satu sampai enam dan kembali ke angka satu sampai habis.
Ø Siswa yang nomornya sama, harap berkumpul membentuk kelompok dan silahkan mencari nama kelompok sendiri dengan menggunakan nama-nama unsur.
Ø Guru membagikan emblem kepada siswa sesuai dengan nomor urut absen.
Ø Guru memberikan LKS dan membagi tugas kepada masing-masing kelompok.
Ø Guru mempersilahkan masing-masing kelompok membuat pertanyaan terbuka minimal 5 pertanyaan.
Ø Masing-masing kelompok menyampaikan 3 pertanyaan terbaik dari 5 pertanyan yang sudah dibuat.
Ø Guru mengiventarisir semua pertanyaan yang telah disepakati siswa di papan plano sehingga terdapat minimal 18 soal.
Ø Guru sambil membawa bola menjalaskan aturan main jalan diskusi bola pantai.
Ø Guru melempar bola ke kelompok 1 dan yang menangkap bola harus segera membaca pertanyaan pertama dan siswa lain yang akan menjawab harus mengangkat tangan.
Ø Setelah siswa lain menangkap bola langsung menjawab, bila jawabannya masih kurang pas siswa yang lain dipersilahkan segera angkat tangan untuk menjawab dan seterusnya sampai semua soal habis dijawab.
Ø Dari beberapa jawaban siswa untuk setiap soal digarisbawahi oleh guru
Ø Guru memberikan reward bagi siswa yang sudah berusaha memberikan jawaban.
Ø Guru meberikan poin prestasi bagi siswa yang menjawab dengan benar.

3. Kegiatan Penutup
Ø Sebagai RTL (rencana tindak lanjut) harap pelajari secara seksama tentang ”Struktur Atom” dan akan kita laksanakan penilaian pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kedua (45 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Guru membuka pelajaran
Ø Tanya jawab tentang materi yang telah didiskusikan pada pertemuan pertama.
Ø Tanya jawab tentang manfaat mempelajari struktur Atom.

2. Kegiatan Inti
Ø guru memberi penguatan materi struktur atom melalui peta konsep.
Ø Guru bersama siswa membuat rangkuman.
Ø Refleksi jalannya diskusi bola pantai.

3. Kegiatan Penutup
Ø Penialian ulangan harian (UH-1)
Ø Sebagai RTL (rencana tindak lanjut) harap pelajari secara seksama tentang ”Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern” dan akan kita diskusikan dengan bola pantai pada 2 minggu ke depan.

4. Alat / Sumber Belajar
Ø Buku kimia > Papan Plano
Ø Tabel periodik unsure > Kertas Plano
Ø LKS > Spidol besar
Ø Bola plastic tanggung > emblem

5. Penilaian
Ø Tehnik : Poin prestasi
Ø Instrumen : Terlampir

Mengetahui, Gresik, 11 Agustus 2008
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



Drs. H. M.E. Wahyudi, MM. Drs. Marjuki, M.Pd
NIP : 131 800 833 NIP : 510 164 343

Tidak ada komentar:

Posting Komentar